Makalah Perkembangan Gadged
Penyusun:
1. Muhammad Shaiful Huda (26)
Tahun Pelajaran 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena
berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak
Positif dan NegatifTeknologi Internet Bagi Remaja”.Makalah ini diajukan guna
memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Internet.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam pembuatan makalah ini.Sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada
waktunya.Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, kritik dan
saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah
ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat
untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita
semua.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pernahkan anda mendengar kata Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar
kata itu akhir akhir ini.Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat
diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan
dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita
sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya
untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan
mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti
BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia,
sehingga kita dapat mengikuti perkembangan tecnologi yang semakin tahun
semakin berkembang sangat pesat sekali..
Dengan demikian, sebenarnya gadget itu bisa dikatakan menjadi peningkat nilai
manusia atau mematikan manusia.Para penggunga gadget sebaiknya bisa
menyadari akibat-akibat tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan tepat
sasaran.Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari
yang semestinya.Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya.Maka
tetap bersikaplah cerdas dalam menggunakan gadget agar gadget dapat di gunakan
untuk kehidupan yang lebih baik.
A. PENGERTIAN DAN SEJARAH GADGET
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya
perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia,
gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan
perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”.Artinya, dari hari ke hari
gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup
manusia menjadi lebih praktis.
Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford
English Dictionary , ada bukti anekdotal untuk penggunaan "gadget" sebagai nama
pengganti untuk item teknis yang tepat satu nama tidak ingat sejak tahun 1850-an,
dengan 1.886 buku Robert Brown Spunyarn dan Spindrift, Seorang anak pelaut log
dari keluar perjalanan dan rumah di gunting teh China yang mengandung
penggunaan awal dikenal di cetak.
Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas
menyatakan bahwa gadget kata itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie,
perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi
skala kecil monumen dan diberi nama setelah perusahaan mereka , namun ini
bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di
kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di
Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I.
Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah
diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée ,
alat kecil atau aksesori.
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire
pada tahun 1916 ketika itu disarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar
provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota sependapat dari dimasukkannya
atas dasar bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri, dan seorang
perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa selama bertahun-tahun
menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang
tepat yang tidak diketahui atau telah untuk saat ini telah dilupakan. Saya juga
sering mendengar diterapkan dengan menggunakan sepeda motor teman-teman
untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor.'Nya menangani-bar
yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin,
pengungkit, lencana, maskot, & c, melekat pada kemudi.
Menangani. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering
disebut 'gadget', dan nama tersebut telah diterapkan oleh platelayers lokal untuk
'mengukur' digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,
untuk meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama. "
Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan laut. Dalam buku
"Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh
D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di
British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: "kami perasaan bosan itu kadang-
kadang lega dengan gadget baru -!. "gadget" adalah Flying Corps slang untuk
penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa "
Pada paruh kedua abad kedua puluh, "gadget" istilah telah diambil pada konotasi
kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 "The Gizmo Besar" (istilah yang
digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain
Reyner Banham mendefinisikan item tersebut sebagai: Sebuah kelas karakteristik
produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja
tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah
beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia.
Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan itu adalah
independen dari setiap infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat
dipesan dari katalog dan disampaikan kepada pengguna.Prospektifnya.Sebuah
kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel,
memiliki pemikiran Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih mendalam - saya
menduga -.Daripada yang umumnya dipahami.
B. PERKEMBANGAN GADGET
Kalian pasti sudah tahukan gadget yang satu ini, I-Pad.Pada awalnya aku kira I-
Pad adalah sebuah penemuan baru yang langsung booming di pasaran.Tapi
ternyata I-Pad memiliki sejarah yang cukup panjang juga lho.Teknologi terus
berkembang dari tahun ketahun dan para Ilmuan terus berupaya menciptakan
benda-benda yang lebih baik dari sebelumnya atau menciptakan suatu hal baru.
Begitu juga dengan I-Pad, ternyata ide pertama kali muncul pada tahun 1888
olehElisa Gray.Pada saat itu I-Padnya masih berukuran besar dan berat. Elisha
Gray pada saat itu telah mampu menciptakan sebuah perangkat stylus listrik untuk
menangkap tulisan tangan dan pada tahun 1888 itulah ia mendapakkan hak paten
atas penemuannya itu.
Dan pada saat itu penemuannya ini belum di sebut dengan sebutan I-Pad namun
'Telautograph'.Telautograph inilah yang menjadi cikal bakal I-Pad yang sering kita
jumpai sekarang.
Telautograph yang diciptakan oleh Elisha Grey pun akhirnya mengalami
berbagai perkembangan yang di lakukan para ilmuan. Dan ditahun-tahun ini
Telautograph secara bertahap mengalami transformasi menjadi I-Pad yang kita
kenal :
Dan pada tahun 60-an I-Pad lebih dikenal dengan sebutanStayalator.
Ø Tahun 1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal
komputer untuk tujuan yang umum menggunakan tablet & pengenalan tulisan
tangan, bukan key board & mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-
sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan, tablet &pena
elektronik kecil.
Ø Tahun 1985: Pencept & CIC memasarkan komputer PC untuk konsumen
menggunakan tablet & pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard & mouse.
Ø Tahun 1989: Komputer portabel yang komersial pertama tersedia dalam tipe
tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems yang dirilis pada bulan September.
Sistem operasi ini didasarkan pada MS-DOS. Namun sayangnya pemasaran
GRiDPad ini tidak mendapat respon baik dari masyarakat karena GRiDPad ini
awalnya memiliki berat mencapai 2,26 Kg. Tablet yang diberi nama GRiDPad ini
diciptakan oleh Jeff Hawkins.
Ø Tahun 1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan
sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari
desktop sistem operasi melalui isyarat dalam bentuk tulisan tangan.
Ø Tahun 1992: GO Corporation mengirimkan PenPoint OS untuk ketersediaan
yang umum. Dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 pada bulan April.
Model IBM pertama diberi nama 'ThinkPad'.
Ø Tahun 1993: Fujitsu juga merilis PC tablet Poqet pena-nya pertama yang
menggunakan LAN nirkabel terintegrasi.
Pada akhirnya PC tablet dan gadget lain bermunculan seperti yang kita alami
sekarang, banyak gadget-gadget bermunculan dari berbagai merek dan
perusahaaan local maupun asing.
C. TREND GADGET MOBILE
Pada tanggal 27 Januari 2010 Pabrikan gadget terkenal yaitu Apple merilis I-
pad yang di perkenalkan langsung Steve Jobs selaku CEO dari Apple dalam Apple
Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco
Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara
telepon pintarr (smartphone) dan Komputer jinjing (laptop).
Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS)
mulai 3 april 2010. Namun pada awal pemasrannya i-pad ini hanya bisa di beli
melauli media online di situs resmi Apple. Pada akhirnya i-pad di produksi masal
oleh Apple dan dapat kita jumpai di store Apple di berbagai Negara dan kota di
dunia, dan tidak tanggung-tanggung hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk
IPAD langsung menguasai pasar mobile computing yang selama ini dikuasai oleh
Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC), bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart
Phone.
Zaman dahulu orang selalu berpikir bahwa Gadget Mobile fungsionalitasnya
adalah lebih kepada sifat mobilenya dan untuk smartphone dapat mengerjakan
tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Sementara Netbok adalah perkembangan dari
Desktop dengan model Komputer Jinjing dengan kapabilitas kemampuan
menyamai kemampuan Desktop terutama untuk mengerjakan tugas yang sifatnya
office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran saat ini, namun perlahan mulai
bergeser. Menurut situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada
beberapa perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau
gadget mobile(tablet,smartphone, dll)
1. Gadget mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan tampilan menarik.
Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada Performa pekerjaan.
2. Gadget mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan mobility. Beberapa
gadget seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari Notebook ataupun
Netbook untuk memenuhi kebutuhan komputer.Mungkin resolusi layar,
kemampuan processor, memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk. Namun
dengan User Interface yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman dengan
User Interface tradisional milik Notebook ataupun Netbook, seperti keyboard.
3. Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan komputerisasi sampai pada
Optical Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap itu. Contoh lain adalah
port USB plugin play, yang hanya dimiliki gadgets seperti IPAD dengan harga
yang mahal.
4. Gadgets dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi kebutuhan mobile
seperti telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling dengan camera.
Namun penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan senyaman
pada mobile gadgets.
5. Harga untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada gadgets mobile.
D. KEGUNAAN GADGET
Kegunaan gadget di kehidupan sehari-hari sebenarnya relatif karena,
penggunaan gadget sendiri tergantung kepada orang yang memakainya. Kegunaan
gadget secara pandangan umum dan penggunaan yang semestinya dapat di bagi
dalam beberapa segi pandangan yaitu:
1. Segi Komunikasi Kalau zaman dahulu manusia biasa berkomunikasi lewat
batin atau kelebihan yang dikarunia oleh Tuhan kepada orang yang dikehendaki.
Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia memilih berkomunikasi
lewat tulisan yang dikirimkan lewat pos dan di era milinium ini, manusia pun
memilih berkomunikasi lewat HandPhone karena cara ini dinilai lebih praktis
daripada alat-alat komunikasi yang ada sebelumnya.
Dengan adanya Gadget komunikasi semakin lancar.Kita bisa tepat
berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak dan tempat kita tinggal.
Kita bisa berkomunikasi tanpa terikat tempat karena kalau kita berkomunikasi
lewat Gadget kita lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari
segi cara kita membawa alat komunikasi tersebut.
2. SegiSosial
Kita bisa memperbanyak teman lewat Gadget dengan cepat dan mudah.Kita bisa
berbagi kabar dengan teman dan kerabat kita yang berada di dalam negri maupun
di luar negri tanpa harus menunggu waktu terlalu lama.
Dengan adanya Gadget, Kita tidak perlu lama-lama mengirimkan, kalau ada yang
cepat buat apa kita memilih cara yang lama untuk berbagi.
Dengan adanya Gadget, kita tidak perlu menggunakan jasa pos yang dinilai sangat
lamban mengirimkan kabar daripada Gadget.
3. Segi Pendidikan
Bagi kita yang kebetulan berada dalam ruang lingkup pendidikan, kita tidak
perlu pusing untuk menambah ilmu pengetahuan.
Dengan Gadget, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa
harus menemui guru pembimbing.
Caranya sangat mudah, kita tekan tombol-tombol tertentu yang ada di Gadget
kita, maka dengan mudah Gadget tersebut akan menghubungi nomer yang dituju.
Kita bisa berbicara dengan dosen atau guru tentang masalah pendidikan.Masalah
politik.Masalah keluarga atau pun berbagai masalah yang kita inginkan.
Tidak hanya itu, kita bisa mengakses berbagai ilmu pengetahuan lewat fitur GPRS
yang berada di Gadget.
Kita bisa bertukar gambar dengan teman kita melalui fitur MMS dan kita pun bisa
saling bertukar lagu dengan teman melalui fitur Bluetooth dengan catatan Gadget
yang kita punya menyediakan fitur tersebut.
Demikianlah ulasan tentang Manfaat Hape secara umum yang dapat di lihat dari
beberapa segi penggunaannya.
E. DAMPAK POSITIF DA DAMPAK NEGATIF DARI PEMAKAIAN
GADGET.
Dampak Positif :
A. Mempermudah komunikasi
Dalam hal ini Gadget dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain yang
berada jauh dari kita dengan cara sms, telepon, atau dengan semua aplikasi yang
dimiliki dalam gadget kita.
B. Menambah pengetahuan
Dalam hal pengetahuan kita dapat dengan mudah meng akses atau mencari situs
tentang pengetahuan denga menggunakan aplikasi yang berada di dalam gadget
kita Contoh aplikasi : Detik, Kompas.com, dll
C. Menambah Teman
Dengan banyaknya jejaring social yang bermunculan akhir-akhir ini kita dapat
dengan mudah menambah teman melalui jejaring social yang ada melalui gadget
yang kita milki.
D. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru
dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-
metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,
karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
Dampak negative
A. Merusak mata.
Jika Anda pernah merasa mata lelah dan perih saat melihat ponsel, tidak
mengherankan sebenarnya. Karena ketika mata diajak terus-menerus fokus pada
benda kecil mata akan kering, dan di tingkat paling ekstrim bisa menderita infeksi
B. Mengubah postur tubuh.
Kirsten Lord, seorang ahli fisioterapi, mengungkapkan bahwa tubuh bereaksi akan
kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika kerap melihat ponsel, leher dan
pundak turut terkena efeknya
C. Kulit wajah kendur.
Dr Sam Bunting, seorang ahli dermatologi, mengungkapkan banyak perempuan di
usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di bagian wajah, khususnya rahang
yang mulai menurun. "Seiring usia, elastisitas kulit menurun, ditambah lagi dengan
kebiasaan melihat ke bawah saat bersama ponsel dalam durasi lama.Hal ini akan
membuat kulit menurun kualitasnya.”
D. Mengganggu pendengaran.
Hampir setiap pengguna ponsel atau tablet tampak mengenakan headphone untuk
mendengarkan musik. Namun, ini tidak baik jika terus-menerus dilakukan, apalagi
dengan volume yang terlalu besar.
E.Mengganggu saat istirahat.
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan
turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona
menganjurkan agar setiap orang menurunkan kadar cahaya di ponsel lebih rendah
sehingga tidak begitu mengganggu kala malam hari. Saat beristirahat ada baiknya
ponsel dalam keadaan silent, atau jauhkan dari tempat tidur.
PENUTUP
Kesimpulan
Jaman sekarang adalah jamannya teknologi.Perkembangan teknologi sudah
sangat cepat hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang
signifikan. Dulu ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling
sederhana pun telah dapat mengubah gaya hidup pemiliknya. Kala itu, mungkin
saja yang bisa memiliki gadget ini belum banyak.Jumlahnya hanya sedikit,
sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus mengalami perluasan.Pengaruhnya tidak hanya
tingkat perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat
gadget itu sangat cepat, sehingga model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur
lebih lengkap dan memanjakan. Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah
memiliki gadget, meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung
kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya
Saran
Di jaman sekarang ini kita tidak bisa menyanggah akan kehadiran dari teknologi
yang semakin berkembang, tetapi agar kita tidak terkena dampak buruk dari
pemakaian teknologi yang berlebihan kita hanya cukup memakai teknologi
tersebut secara optimal.
Penyusun:
1. Muhammad Shaiful Huda (26)
Tahun Pelajaran 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena
berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak
Positif dan NegatifTeknologi Internet Bagi Remaja”.Makalah ini diajukan guna
memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Internet.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam pembuatan makalah ini.Sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada
waktunya.Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, kritik dan
saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah
ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat
untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita
semua.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pernahkan anda mendengar kata Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar
kata itu akhir akhir ini.Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat
diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan
dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita
sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya
untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan
mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti
BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia,
sehingga kita dapat mengikuti perkembangan tecnologi yang semakin tahun
semakin berkembang sangat pesat sekali..
Dengan demikian, sebenarnya gadget itu bisa dikatakan menjadi peningkat nilai
manusia atau mematikan manusia.Para penggunga gadget sebaiknya bisa
menyadari akibat-akibat tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan tepat
sasaran.Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari
yang semestinya.Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya.Maka
tetap bersikaplah cerdas dalam menggunakan gadget agar gadget dapat di gunakan
untuk kehidupan yang lebih baik.
A. PENGERTIAN DAN SEJARAH GADGET
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya
perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia,
gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan
perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”.Artinya, dari hari ke hari
gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup
manusia menjadi lebih praktis.
Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford
English Dictionary , ada bukti anekdotal untuk penggunaan "gadget" sebagai nama
pengganti untuk item teknis yang tepat satu nama tidak ingat sejak tahun 1850-an,
dengan 1.886 buku Robert Brown Spunyarn dan Spindrift, Seorang anak pelaut log
dari keluar perjalanan dan rumah di gunting teh China yang mengandung
penggunaan awal dikenal di cetak.
Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas
menyatakan bahwa gadget kata itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie,
perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi
skala kecil monumen dan diberi nama setelah perusahaan mereka , namun ini
bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di
kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di
Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I.
Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah
diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée ,
alat kecil atau aksesori.
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire
pada tahun 1916 ketika itu disarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar
provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota sependapat dari dimasukkannya
atas dasar bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri, dan seorang
perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa selama bertahun-tahun
menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang
tepat yang tidak diketahui atau telah untuk saat ini telah dilupakan. Saya juga
sering mendengar diterapkan dengan menggunakan sepeda motor teman-teman
untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor.'Nya menangani-bar
yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin,
pengungkit, lencana, maskot, & c, melekat pada kemudi.
Menangani. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering
disebut 'gadget', dan nama tersebut telah diterapkan oleh platelayers lokal untuk
'mengukur' digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,
untuk meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama. "
Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan laut. Dalam buku
"Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh
D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di
British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: "kami perasaan bosan itu kadang-
kadang lega dengan gadget baru -!. "gadget" adalah Flying Corps slang untuk
penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa "
Pada paruh kedua abad kedua puluh, "gadget" istilah telah diambil pada konotasi
kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 "The Gizmo Besar" (istilah yang
digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain
Reyner Banham mendefinisikan item tersebut sebagai: Sebuah kelas karakteristik
produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja
tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah
beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia.
Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan itu adalah
independen dari setiap infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat
dipesan dari katalog dan disampaikan kepada pengguna.Prospektifnya.Sebuah
kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel,
memiliki pemikiran Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih mendalam - saya
menduga -.Daripada yang umumnya dipahami.
B. PERKEMBANGAN GADGET
Kalian pasti sudah tahukan gadget yang satu ini, I-Pad.Pada awalnya aku kira I-
Pad adalah sebuah penemuan baru yang langsung booming di pasaran.Tapi
ternyata I-Pad memiliki sejarah yang cukup panjang juga lho.Teknologi terus
berkembang dari tahun ketahun dan para Ilmuan terus berupaya menciptakan
benda-benda yang lebih baik dari sebelumnya atau menciptakan suatu hal baru.
Begitu juga dengan I-Pad, ternyata ide pertama kali muncul pada tahun 1888
olehElisa Gray.Pada saat itu I-Padnya masih berukuran besar dan berat. Elisha
Gray pada saat itu telah mampu menciptakan sebuah perangkat stylus listrik untuk
menangkap tulisan tangan dan pada tahun 1888 itulah ia mendapakkan hak paten
atas penemuannya itu.
Dan pada saat itu penemuannya ini belum di sebut dengan sebutan I-Pad namun
'Telautograph'.Telautograph inilah yang menjadi cikal bakal I-Pad yang sering kita
jumpai sekarang.
Telautograph yang diciptakan oleh Elisha Grey pun akhirnya mengalami
berbagai perkembangan yang di lakukan para ilmuan. Dan ditahun-tahun ini
Telautograph secara bertahap mengalami transformasi menjadi I-Pad yang kita
kenal :
Dan pada tahun 60-an I-Pad lebih dikenal dengan sebutanStayalator.
Ø Tahun 1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal
komputer untuk tujuan yang umum menggunakan tablet & pengenalan tulisan
tangan, bukan key board & mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-
sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan, tablet &pena
elektronik kecil.
Ø Tahun 1985: Pencept & CIC memasarkan komputer PC untuk konsumen
menggunakan tablet & pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard & mouse.
Ø Tahun 1989: Komputer portabel yang komersial pertama tersedia dalam tipe
tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems yang dirilis pada bulan September.
Sistem operasi ini didasarkan pada MS-DOS. Namun sayangnya pemasaran
GRiDPad ini tidak mendapat respon baik dari masyarakat karena GRiDPad ini
awalnya memiliki berat mencapai 2,26 Kg. Tablet yang diberi nama GRiDPad ini
diciptakan oleh Jeff Hawkins.
Ø Tahun 1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan
sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari
desktop sistem operasi melalui isyarat dalam bentuk tulisan tangan.
Ø Tahun 1992: GO Corporation mengirimkan PenPoint OS untuk ketersediaan
yang umum. Dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 pada bulan April.
Model IBM pertama diberi nama 'ThinkPad'.
Ø Tahun 1993: Fujitsu juga merilis PC tablet Poqet pena-nya pertama yang
menggunakan LAN nirkabel terintegrasi.
Pada akhirnya PC tablet dan gadget lain bermunculan seperti yang kita alami
sekarang, banyak gadget-gadget bermunculan dari berbagai merek dan
perusahaaan local maupun asing.
C. TREND GADGET MOBILE
Pada tanggal 27 Januari 2010 Pabrikan gadget terkenal yaitu Apple merilis I-
pad yang di perkenalkan langsung Steve Jobs selaku CEO dari Apple dalam Apple
Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco
Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara
telepon pintarr (smartphone) dan Komputer jinjing (laptop).
Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS)
mulai 3 april 2010. Namun pada awal pemasrannya i-pad ini hanya bisa di beli
melauli media online di situs resmi Apple. Pada akhirnya i-pad di produksi masal
oleh Apple dan dapat kita jumpai di store Apple di berbagai Negara dan kota di
dunia, dan tidak tanggung-tanggung hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk
IPAD langsung menguasai pasar mobile computing yang selama ini dikuasai oleh
Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC), bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart
Phone.
Zaman dahulu orang selalu berpikir bahwa Gadget Mobile fungsionalitasnya
adalah lebih kepada sifat mobilenya dan untuk smartphone dapat mengerjakan
tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Sementara Netbok adalah perkembangan dari
Desktop dengan model Komputer Jinjing dengan kapabilitas kemampuan
menyamai kemampuan Desktop terutama untuk mengerjakan tugas yang sifatnya
office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran saat ini, namun perlahan mulai
bergeser. Menurut situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada
beberapa perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau
gadget mobile(tablet,smartphone, dll)
1. Gadget mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan tampilan menarik.
Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada Performa pekerjaan.
2. Gadget mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan mobility. Beberapa
gadget seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari Notebook ataupun
Netbook untuk memenuhi kebutuhan komputer.Mungkin resolusi layar,
kemampuan processor, memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk. Namun
dengan User Interface yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman dengan
User Interface tradisional milik Notebook ataupun Netbook, seperti keyboard.
3. Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan komputerisasi sampai pada
Optical Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap itu. Contoh lain adalah
port USB plugin play, yang hanya dimiliki gadgets seperti IPAD dengan harga
yang mahal.
4. Gadgets dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi kebutuhan mobile
seperti telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling dengan camera.
Namun penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan senyaman
pada mobile gadgets.
5. Harga untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada gadgets mobile.
D. KEGUNAAN GADGET
Kegunaan gadget di kehidupan sehari-hari sebenarnya relatif karena,
penggunaan gadget sendiri tergantung kepada orang yang memakainya. Kegunaan
gadget secara pandangan umum dan penggunaan yang semestinya dapat di bagi
dalam beberapa segi pandangan yaitu:
1. Segi Komunikasi Kalau zaman dahulu manusia biasa berkomunikasi lewat
batin atau kelebihan yang dikarunia oleh Tuhan kepada orang yang dikehendaki.
Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia memilih berkomunikasi
lewat tulisan yang dikirimkan lewat pos dan di era milinium ini, manusia pun
memilih berkomunikasi lewat HandPhone karena cara ini dinilai lebih praktis
daripada alat-alat komunikasi yang ada sebelumnya.
Dengan adanya Gadget komunikasi semakin lancar.Kita bisa tepat
berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak dan tempat kita tinggal.
Kita bisa berkomunikasi tanpa terikat tempat karena kalau kita berkomunikasi
lewat Gadget kita lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari
segi cara kita membawa alat komunikasi tersebut.
2. SegiSosial
Kita bisa memperbanyak teman lewat Gadget dengan cepat dan mudah.Kita bisa
berbagi kabar dengan teman dan kerabat kita yang berada di dalam negri maupun
di luar negri tanpa harus menunggu waktu terlalu lama.
Dengan adanya Gadget, Kita tidak perlu lama-lama mengirimkan, kalau ada yang
cepat buat apa kita memilih cara yang lama untuk berbagi.
Dengan adanya Gadget, kita tidak perlu menggunakan jasa pos yang dinilai sangat
lamban mengirimkan kabar daripada Gadget.
3. Segi Pendidikan
Bagi kita yang kebetulan berada dalam ruang lingkup pendidikan, kita tidak
perlu pusing untuk menambah ilmu pengetahuan.
Dengan Gadget, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa
harus menemui guru pembimbing.
Caranya sangat mudah, kita tekan tombol-tombol tertentu yang ada di Gadget
kita, maka dengan mudah Gadget tersebut akan menghubungi nomer yang dituju.
Kita bisa berbicara dengan dosen atau guru tentang masalah pendidikan.Masalah
politik.Masalah keluarga atau pun berbagai masalah yang kita inginkan.
Tidak hanya itu, kita bisa mengakses berbagai ilmu pengetahuan lewat fitur GPRS
yang berada di Gadget.
Kita bisa bertukar gambar dengan teman kita melalui fitur MMS dan kita pun bisa
saling bertukar lagu dengan teman melalui fitur Bluetooth dengan catatan Gadget
yang kita punya menyediakan fitur tersebut.
Demikianlah ulasan tentang Manfaat Hape secara umum yang dapat di lihat dari
beberapa segi penggunaannya.
E. DAMPAK POSITIF DA DAMPAK NEGATIF DARI PEMAKAIAN
GADGET.
Dampak Positif :
A. Mempermudah komunikasi
Dalam hal ini Gadget dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain yang
berada jauh dari kita dengan cara sms, telepon, atau dengan semua aplikasi yang
dimiliki dalam gadget kita.
B. Menambah pengetahuan
Dalam hal pengetahuan kita dapat dengan mudah meng akses atau mencari situs
tentang pengetahuan denga menggunakan aplikasi yang berada di dalam gadget
kita Contoh aplikasi : Detik, Kompas.com, dll
C. Menambah Teman
Dengan banyaknya jejaring social yang bermunculan akhir-akhir ini kita dapat
dengan mudah menambah teman melalui jejaring social yang ada melalui gadget
yang kita milki.
D. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru
dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-
metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,
karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
Dampak negative
A. Merusak mata.
Jika Anda pernah merasa mata lelah dan perih saat melihat ponsel, tidak
mengherankan sebenarnya. Karena ketika mata diajak terus-menerus fokus pada
benda kecil mata akan kering, dan di tingkat paling ekstrim bisa menderita infeksi
B. Mengubah postur tubuh.
Kirsten Lord, seorang ahli fisioterapi, mengungkapkan bahwa tubuh bereaksi akan
kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika kerap melihat ponsel, leher dan
pundak turut terkena efeknya
C. Kulit wajah kendur.
Dr Sam Bunting, seorang ahli dermatologi, mengungkapkan banyak perempuan di
usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di bagian wajah, khususnya rahang
yang mulai menurun. "Seiring usia, elastisitas kulit menurun, ditambah lagi dengan
kebiasaan melihat ke bawah saat bersama ponsel dalam durasi lama.Hal ini akan
membuat kulit menurun kualitasnya.”
D. Mengganggu pendengaran.
Hampir setiap pengguna ponsel atau tablet tampak mengenakan headphone untuk
mendengarkan musik. Namun, ini tidak baik jika terus-menerus dilakukan, apalagi
dengan volume yang terlalu besar.
E.Mengganggu saat istirahat.
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan
turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona
menganjurkan agar setiap orang menurunkan kadar cahaya di ponsel lebih rendah
sehingga tidak begitu mengganggu kala malam hari. Saat beristirahat ada baiknya
ponsel dalam keadaan silent, atau jauhkan dari tempat tidur.
PENUTUP
Kesimpulan
Jaman sekarang adalah jamannya teknologi.Perkembangan teknologi sudah
sangat cepat hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang
signifikan. Dulu ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling
sederhana pun telah dapat mengubah gaya hidup pemiliknya. Kala itu, mungkin
saja yang bisa memiliki gadget ini belum banyak.Jumlahnya hanya sedikit,
sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus mengalami perluasan.Pengaruhnya tidak hanya
tingkat perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat
gadget itu sangat cepat, sehingga model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur
lebih lengkap dan memanjakan. Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah
memiliki gadget, meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung
kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya
Saran
Di jaman sekarang ini kita tidak bisa menyanggah akan kehadiran dari teknologi
yang semakin berkembang, tetapi agar kita tidak terkena dampak buruk dari
pemakaian teknologi yang berlebihan kita hanya cukup memakai teknologi
tersebut secara optimal.
No comments:
Post a Comment