http://i1210.photobucket.com/albums/cc419/andr1edk/account_mngame_2.gif
Bagi yang mencari Cheat Game Facebook klik DISINI...

**Happy Blogging**

Bagi yang mencari cheat POINT BLANK klik DISINI...
**Follow this BLOG if You Like My BLOG**

Thursday, March 3, 2016

                                               Makalah Perkembangan Gadged

 Penyusun:

1. Muhammad Shaiful Huda  (26)

Tahun Pelajaran 2015/2016

                                                     KATA PENGANTAR

    Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena

berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak

Positif dan NegatifTeknologi Internet Bagi Remaja”.Makalah ini diajukan guna

memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Internet.

    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu

dalam pembuatan makalah ini.Sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada

waktunya.Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, kritik dan

saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah

ini.

    Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat

untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita

semua.

PENDAHULUAN

           Latar Belakang

    Pernahkan anda mendengar kata Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar

kata itu akhir akhir ini.Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat

diminati oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan

dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita

sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya

untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan

mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti

BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia,

sehingga kita dapat mengikuti perkembangan tecnologi yang semakin tahun

semakin berkembang sangat pesat sekali..

    Dengan demikian, sebenarnya gadget itu bisa dikatakan menjadi peningkat nilai

manusia atau mematikan manusia.Para penggunga gadget sebaiknya bisa

menyadari akibat-akibat tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan tepat

sasaran.Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari

yang semestinya.Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya.Maka

tetap bersikaplah cerdas dalam menggunakan gadget agar gadget dapat di gunakan

untuk kehidupan yang lebih baik.

            A.  PENGERTIAN DAN SEJARAH GADGET

    Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya

perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia,

gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan

perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”.Artinya, dari hari ke hari

gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup

manusia menjadi lebih praktis.

    Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford

English Dictionary , ada bukti anekdotal untuk penggunaan "gadget" sebagai nama

pengganti untuk item teknis yang tepat satu nama tidak ingat sejak tahun 1850-an,

dengan 1.886 buku Robert Brown Spunyarn dan Spindrift, Seorang anak pelaut log

dari keluar perjalanan dan rumah di gunting teh China yang mengandung

penggunaan awal dikenal di cetak.

    Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas

menyatakan bahwa gadget kata itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie,

perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi

skala kecil monumen dan diberi nama setelah perusahaan mereka , namun ini

bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di

kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di

Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I. 

        Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah

diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée ,

alat kecil atau aksesori.

    Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire

pada tahun 1916 ketika itu disarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar

provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota sependapat dari dimasukkannya

atas dasar bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri, dan seorang

perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa selama bertahun-tahun

menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang

tepat yang tidak diketahui atau telah untuk saat ini telah dilupakan. Saya juga

sering mendengar diterapkan dengan menggunakan sepeda motor teman-teman

untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor.'Nya menangani-bar

yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin,

pengungkit, lencana, maskot, & c, melekat pada kemudi.

    Menangani. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering

disebut 'gadget', dan nama tersebut telah diterapkan oleh platelayers lokal untuk

'mengukur' digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,

untuk meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama. "

    Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan laut. Dalam buku

"Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh

D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di

British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: "kami perasaan bosan itu kadang-

kadang lega dengan gadget baru -!. "gadget" adalah Flying Corps slang untuk

penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa "        

    Pada paruh kedua abad kedua puluh, "gadget" istilah telah diambil pada konotasi

kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 "The Gizmo Besar" (istilah yang

digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain

Reyner Banham mendefinisikan item tersebut sebagai: Sebuah kelas karakteristik

produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja

tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah

beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia.

Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan itu adalah

independen dari setiap infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat

dipesan dari katalog dan disampaikan kepada pengguna.Prospektifnya.Sebuah

kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel,

memiliki pemikiran Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih mendalam - saya

menduga -.Daripada yang umumnya dipahami.

          B.  PERKEMBANGAN GADGET

    Kalian pasti sudah tahukan gadget yang satu ini, I-Pad.Pada awalnya aku kira I-

Pad adalah sebuah penemuan baru yang langsung booming di pasaran.Tapi

ternyata I-Pad memiliki sejarah yang cukup panjang juga lho.Teknologi terus

berkembang dari tahun ketahun dan para Ilmuan terus berupaya menciptakan

benda-benda yang lebih baik dari sebelumnya atau menciptakan suatu hal baru.

    Begitu juga dengan I-Pad, ternyata ide pertama kali muncul pada tahun 1888

olehElisa Gray.Pada saat itu I-Padnya masih berukuran besar dan berat. Elisha

Gray pada saat itu telah mampu menciptakan sebuah perangkat stylus listrik untuk

menangkap tulisan tangan dan pada tahun 1888 itulah ia mendapakkan hak paten

atas penemuannya itu.

    Dan pada saat itu penemuannya ini belum di sebut dengan sebutan I-Pad namun

'Telautograph'.Telautograph inilah yang menjadi cikal bakal I-Pad yang sering kita

jumpai sekarang.

    Telautograph yang diciptakan oleh Elisha Grey pun akhirnya mengalami

berbagai perkembangan yang di lakukan para ilmuan. Dan ditahun-tahun ini

Telautograph secara bertahap mengalami transformasi menjadi I-Pad yang kita

kenal :

Dan pada tahun 60-an I-Pad lebih dikenal dengan sebutanStayalator.

Ø    Tahun 1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal

komputer untuk tujuan yang umum menggunakan tablet & pengenalan tulisan

tangan, bukan key board & mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-

sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan, tablet &pena

elektronik kecil.

Ø    Tahun 1985: Pencept & CIC memasarkan komputer PC untuk konsumen

menggunakan tablet & pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard & mouse.

Ø Tahun 1989: Komputer portabel yang komersial pertama tersedia dalam tipe

tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems yang dirilis pada bulan September.

Sistem operasi ini didasarkan pada MS-DOS. Namun sayangnya pemasaran

GRiDPad ini tidak mendapat respon baik dari masyarakat karena GRiDPad ini

awalnya memiliki berat mencapai 2,26 Kg. Tablet yang diberi nama GRiDPad ini

diciptakan oleh Jeff Hawkins.

Ø    Tahun 1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan

sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari

desktop sistem operasi melalui isyarat dalam bentuk tulisan tangan.

Ø    Tahun 1992: GO Corporation mengirimkan PenPoint OS untuk ketersediaan

yang umum. Dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 pada bulan April.

Model IBM pertama diberi nama 'ThinkPad'.

Ø    Tahun 1993: Fujitsu juga merilis PC tablet Poqet pena-nya pertama yang

menggunakan LAN nirkabel terintegrasi.

          Pada akhirnya PC tablet dan gadget lain bermunculan seperti yang kita alami

sekarang, banyak gadget-gadget bermunculan dari berbagai merek dan

perusahaaan local maupun asing.

                 C.  TREND GADGET MOBILE

       Pada tanggal 27 Januari 2010 Pabrikan gadget terkenal yaitu Apple merilis I-

pad yang di perkenalkan langsung Steve Jobs selaku CEO dari Apple  dalam Apple

Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco 

Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara

telepon pintarr (smartphone) dan Komputer jinjing (laptop).

       Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS)

mulai 3 april 2010. Namun pada awal pemasrannya i-pad ini hanya bisa di beli

melauli media online di situs resmi Apple. Pada akhirnya i-pad di produksi masal

oleh Apple dan dapat kita jumpai di store Apple di berbagai Negara dan kota di

dunia, dan  tidak tanggung-tanggung  hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk

IPAD langsung menguasai pasar mobile computing yang selama ini dikuasai oleh

Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC), bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart

Phone.

    Zaman dahulu orang selalu berpikir bahwa Gadget Mobile fungsionalitasnya

adalah lebih kepada sifat mobilenya dan untuk smartphone dapat mengerjakan

tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Sementara Netbok adalah perkembangan dari

Desktop dengan model Komputer Jinjing dengan kapabilitas kemampuan

menyamai kemampuan Desktop terutama untuk mengerjakan tugas yang sifatnya

office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran saat ini, namun perlahan mulai

bergeser. Menurut situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada

beberapa perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau

gadget mobile(tablet,smartphone, dll)

1. Gadget mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan tampilan  menarik.

Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada   Performa pekerjaan.

2. Gadget mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan mobility. Beberapa

gadget seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari Notebook ataupun

Netbook untuk memenuhi kebutuhan komputer.Mungkin resolusi layar,

kemampuan processor, memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk.  Namun

dengan User Interface yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman dengan

User Interface tradisional  milik Notebook ataupun Netbook, seperti keyboard.

3. Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan komputerisasi sampai pada

Optical Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap itu. Contoh lain adalah

port USB plugin play, yang hanya dimiliki gadgets seperti IPAD dengan harga

yang mahal.

4. Gadgets dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi kebutuhan mobile

seperti telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling dengan camera.

Namun penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan senyaman

pada mobile gadgets.

5. Harga untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada gadgets mobile.

D.  KEGUNAAN GADGET

    Kegunaan gadget di kehidupan sehari-hari sebenarnya relatif karena,

penggunaan gadget sendiri tergantung kepada orang yang memakainya. Kegunaan

gadget secara pandangan umum dan penggunaan yang semestinya dapat di bagi

dalam beberapa segi pandangan yaitu:

1.   Segi Komunikasi Kalau zaman dahulu manusia biasa berkomunikasi lewat

batin atau kelebihan yang dikarunia oleh Tuhan kepada orang yang dikehendaki.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia memilih berkomunikasi

lewat tulisan yang dikirimkan lewat pos dan di era milinium ini, manusia pun

memilih berkomunikasi lewat HandPhone karena cara ini dinilai lebih praktis

daripada alat-alat komunikasi yang ada sebelumnya.

   Dengan adanya Gadget komunikasi semakin lancar.Kita bisa tepat

berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak dan tempat kita tinggal.

   Kita bisa berkomunikasi tanpa terikat tempat karena kalau kita berkomunikasi

lewat Gadget kita lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari

segi cara kita membawa alat komunikasi tersebut.

2.   SegiSosial

Kita bisa memperbanyak teman lewat Gadget dengan cepat dan mudah.Kita bisa

berbagi kabar dengan teman dan kerabat kita yang berada di dalam negri maupun

di luar negri tanpa harus menunggu waktu terlalu lama.

Dengan adanya Gadget, Kita tidak perlu lama-lama mengirimkan, kalau ada yang

cepat buat apa kita memilih cara yang lama untuk berbagi.

Dengan adanya Gadget, kita tidak perlu menggunakan jasa pos yang dinilai sangat

lamban mengirimkan kabar daripada Gadget.

3.   Segi Pendidikan

    Bagi kita yang kebetulan berada dalam ruang lingkup pendidikan, kita tidak

perlu pusing untuk menambah ilmu pengetahuan.

    Dengan Gadget, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa

harus menemui guru pembimbing.

    Caranya sangat mudah, kita tekan tombol-tombol tertentu yang ada di Gadget

kita, maka dengan mudah Gadget tersebut akan menghubungi nomer yang dituju.

    Kita bisa berbicara dengan dosen atau guru tentang masalah pendidikan.Masalah

politik.Masalah keluarga atau pun berbagai masalah yang kita inginkan.

Tidak hanya itu, kita bisa mengakses berbagai ilmu pengetahuan lewat fitur GPRS

yang berada di Gadget.

Kita bisa bertukar gambar dengan teman kita melalui fitur MMS dan kita pun bisa

saling bertukar lagu dengan teman melalui fitur Bluetooth dengan catatan Gadget

yang kita punya menyediakan fitur tersebut.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Hape secara umum yang dapat di lihat dari

beberapa segi penggunaannya.

E. DAMPAK POSITIF DA DAMPAK NEGATIF DARI PEMAKAIAN

GADGET.

Dampak Positif :

A.  Mempermudah komunikasi

     Dalam hal ini Gadget dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain yang

berada jauh dari kita dengan cara sms, telepon, atau dengan semua aplikasi yang

dimiliki dalam gadget kita.

B.  Menambah pengetahuan

Dalam hal pengetahuan kita dapat dengan mudah meng akses atau mencari situs

tentang pengetahuan denga menggunakan aplikasi yang berada di dalam gadget

kita Contoh aplikasi : Detik, Kompas.com, dll

C.  Menambah Teman

Dengan banyaknya jejaring social yang bermunculan akhir-akhir ini kita dapat

dengan mudah menambah teman melalui jejaring social yang ada melalui gadget

yang kita milki.

D.  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.

Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru

dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-

metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,

karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.

             Dampak negative

A. Merusak mata.

Jika Anda pernah merasa mata lelah dan perih saat melihat ponsel, tidak

mengherankan sebenarnya. Karena ketika mata diajak terus-menerus fokus pada

benda kecil mata akan kering, dan di tingkat paling ekstrim bisa menderita infeksi

B.  Mengubah postur tubuh.

 Kirsten Lord, seorang ahli fisioterapi, mengungkapkan bahwa tubuh bereaksi akan

kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika kerap melihat ponsel, leher dan

pundak turut terkena efeknya

C.  Kulit wajah kendur.

Dr Sam Bunting, seorang ahli dermatologi, mengungkapkan banyak perempuan di

usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di bagian wajah, khususnya rahang

yang mulai menurun. "Seiring usia, elastisitas kulit menurun, ditambah lagi dengan

kebiasaan melihat ke bawah saat bersama ponsel dalam durasi lama.Hal ini akan

membuat kulit menurun kualitasnya.”

D.   Mengganggu pendengaran.

Hampir setiap pengguna ponsel atau tablet tampak mengenakan headphone untuk

mendengarkan musik. Namun, ini tidak baik jika terus-menerus dilakukan, apalagi

dengan volume yang terlalu besar.

E.Mengganggu saat istirahat.

Komputer, laptop, tablet, dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan

turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona

menganjurkan agar setiap orang menurunkan kadar cahaya di ponsel lebih rendah

sehingga tidak begitu mengganggu kala malam hari. Saat beristirahat ada baiknya

ponsel dalam keadaan silent, atau jauhkan dari tempat tidur.

PENUTUP

Kesimpulan

    Jaman sekarang adalah jamannya teknologi.Perkembangan teknologi sudah

sangat cepat hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang

signifikan. Dulu ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling

sederhana pun telah dapat mengubah gaya hidup pemiliknya. Kala itu, mungkin

saja yang bisa memiliki gadget ini belum banyak.Jumlahnya hanya sedikit,

sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.

    Pengaruh tehnologi sendiri terus mengalami perluasan.Pengaruhnya tidak hanya

tingkat perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat

gadget itu sangat cepat, sehingga model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur

lebih lengkap dan memanjakan.  Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah

memiliki gadget, meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung

kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya

Saran

    Di jaman sekarang ini kita tidak bisa menyanggah akan kehadiran dari teknologi

yang semakin berkembang, tetapi agar kita tidak terkena  dampak buruk  dari

pemakaian teknologi yang berlebihan  kita hanya cukup memakai teknologi

tersebut secara optimal.

No comments:

Post a Comment